Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Bookmark and Share
Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami - Jerawat yang timbul di wajah sangatlah mengganggu penampilan, apalagi dalam jumlah yang tidak sedikit. Jerawat menurut mitos para remaja bisa disebabkan karena pertumbuhan hormon dan terlalu banyak memikirkan masalah asmara, tapi hal itu tidak sepenuhnya benar, karena faktor pemicu timbulnya jerawat karena berbagai macam hal, seperti :
  1. Kurangnya menjaga kebersihan wajah
  2. Kulit yang berminyak
  3. Makanan berminyak
  4. Penggunaan Bedak/ Kosmetik
  5. Sel kulit mati
  6. Bakteri, dll 
 Jerawat dalam faktor external ditimbulkan karena adanya penyumbatan pada pori-pori bisa karena kotoran, minyak, bakteri, sehingga terjadi peradangan dan bernanah. Sangat tidak disarankan untuk memencet jerawat, karena kulit akan membekas, kuman menyebar dan pori-pori akan membesar, hal ini kelak akan sangat mengganggu penampilan. Akan tetapi untuk mencegah dan meminimalisir hal tersebut, penyebab jerawat bisa dihilangkan/ diobati dengan cara alami yang sederhana, seperti berikut :

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami
  1. Jika jerawat timbul diwajah, bisa juga disebabkan karena kita jarang mengganti sarung bantal yang biasa digunakan, kuman dan bakteri yang berasal dari rambut bisa menempel di wajah karena kita tidak pernah mengganti sarung bantal.
  2. Jangan mengunakan sabun disaat membersihkan wajah, karena kulit wajah akan tertempel kuman2 yang berasal dari badan. Selain itu sabun terkadang tidak cocok buat kulit wajah. Disarankan gunakanlah face wash pembersih khusus buat wajah disaat mandi, dan pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.
  3. Bersihkan wajah Anda menggunakan cairan pembersih/ penyegar yang mengandung etanol, seperti Viva. Untuk hasil yang maksimal, sebelumnya gunakan dulu susu pembersih viva untuk menghilangkan kotoran2 yang melekat pada wajah, usapkan merata dengan menggunakanlah kapas untuk membersihkan wajah. Bersihkan setiap selesai mandi dan sehabis bepergian.
  4. Gunakan es batu untuk membunuh kuman yang ada di wajah, dengan cara ambil potongan es kecil, bungkus dengan kain, lalu usapkan secara merata pada wajah. Cara ini selain membunuh kuman2 dan mencegah jerawat, juga mengencangkan kulit wajah.
  5. Pancaran sinar matahari juga sangat efektif dalam membunuh bakteri penyebab jerawat, dan mempercepat proses kematangan jerawat tersebut. Sempatkanlah 10-15 menit untuk mendapatkan kehangatan sinar mentari di pagi hari. Selain memperoleh manfaat menghilangnya jerawat, kulit kita juga akan mendapat asupan vitamin D yang berguna bagi tubuh.
  6. Mengompres wajah dengan air hangat juga bisa mempercepat proses kematangan jerawat, gunakan handuk yang steril ketika mengompres, jika ada jerawat yang pecah dianjurkan untuk mencuci handuk sehabis digunakan.
  7. Gunakan pasta gigi/ odol untuk mempercepat kematangan jerawat, karena odol bersifat panas dan bisa membunuh bakteri yang hinggap di jerawat.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar