Tips Menghilangkan Bekas Luka

Bookmark and Share
Tips Menghilangkan Bekas Luka - Bekas luka akibat tersayat, jatuh, terkena benda keras ataupun terkena knalpot panas sangatlah mengganggu penampilan kita, apalagi bekas luka tersebut berada di tempat yang tidak tertutup pakaian seperti lengan, leher, dahi. dll. luka yang lebar biasanya membentuk keloid yang sukar dihilangkan, kecuali dengan jalan operasi kecil.
Untuk menghindari hal tersebut, disini saya akan memberikan tips, agar luka tidak menimbulkan bekas, dan tips menghilangkan bekas luka. Karena jika harus melakukan perbaikan dengan teknologi canggih, atau pergi ke dokter, maka biaya yang akan dikeluarkan tidaklah sedikit, oleh karena itu beberapa tips sederhana dibawah ini bisa Anda coba untuk meminimalisir pengeluaran :

Tips agar luka tidak membekas/ menimbulkan bekas :
  1. Jika kulit terkena sayatan kecil antara 1-2 cm, sesegera mungkin tutup/ satukan luka tersebut menggunakan tensoplast, tapi sebelumnya bersihkan dulu luka dengan air dingin atau usap dengan kasa yang sudah di beri alkohol, untuk menghindari bakteri yang masuk.
  2. Jangan memegang luka, apalagi menggaruk2 luka, karena tangan adalah tempat berkumpulnya bakteri, sehingga kontak langsung dengan tangan akan menambah luka semakin besar.
  3. Hindari pergerakan di sekitar luka, seperti tertarik, kulit yang tegang, usahakan posisi luka tidak miring dan tengkurap, usahakan posisi luka tetap berada datar di posisi atas, agar tidak membentuk jaringan kulit yang menonjol.
  4. Jika kulit terkena luka bakar, segera olesi dengan lendir pada daging lidah buaya, karena lidah buaya efektif untuk mencegah timbulnya bekas luka pada kulit.

Tips Menghilangkan Bekas Luka :

  1. Oleskan vitamin E ditempat bekas luka, karena khasiat vitamin E bisa meregenerasi dan membentuk sel-sel kulit baru. Vit-E banyak ragamnya ada yang dalam bentuk cair, salep, minyak, kapsul. Terserah kita ingin yang buat dioleskan diluar, atau untuk dikonsumsi di dalam.
  2. Vitamin C berkhasiat untuk menyembuhkan luka dengan cepat. Oleh karena itu mengoleskan krim yang mengandung vit-C dan mengkonsumsi tablet vit-C sangat disarankan.
  3. Oleskan Castor oil atau minyak jarak pada bekas luka, tempelkan sekitar 1-2 jam dengan menggunakan kain flanel di pagi dan sore hari.
  4. Spa iklan juga bisa meregenerasi sel kulit menjadi baru. Coba datangi fasilitas yang menyediakan spa ikan, jika bekas luka berada di kaki tinggal kita celupkan kaki kita ke kolam, sehingga kulit kita akan diterapi oleh ikan-ikan kecil.
  5. Pernah lihat iklan kondolisa resive oil ( minyak mawar penghilang bekas luka). Kita bisa menggunakannya, akan tetapi yang digunakan adalah minyak pangkal biji bunga mawar. Gunakan dua hari sekali selama 15 menit, untuk menghilangkan bekas luka.
  6. Buah mentimun diblender sampai halus dan letakkan sepanjang malam di atas bekas luka. Lakukan hal ini berturut-turut, maka bekas luka Anda akan berangsur-angsur hilang.
  7. Samarkan bekas luka dengan minyak kelapa yang Anda oleskan setiap hari.
  8. Minumlah jus lemon, karena jus lemon berkhasiat  membuat kulit terlihat putih dan bersih.
  9. Oleskan minyak zaitun pada bekas luka untuk melepas lapisan atas pada kulit.
  10. Haluskan daun mint setelah dicuci bersih, tempelkan pada bekas luka. 
  11. Madu merupakan obat berbagai macam penyakit, oleskan madu setiap hari pada luka Anda.
  12. Buatlah teh hijau, selain untuk diminum, bisa juga untuk menghilangkan bekas luka. Oleskan pada bekas luka seduhan teh hijau yang sudah dingin dengan menggunakan kapas, secara rutin setiap hari.
  13. Minyak pohon teh (tea tree oil) juga berkhasiat menghilangkan bekas luka. Oleskan minyak pohon teh pada bekas luka secara rutin.
Demikian tips menghilangkan bekas luka, semoga artikel diatas bermanfaat bagi kita semua.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar